Langsung ke konten utama

Postingan

Bakso Anti ADB bersama Philips Avent pembuat makanan bayi sehat 2 –in-1

Muhammad Fatih Alkautsar berusia 9 bulan tepat 12 Februari 2018. berarti pemberian makan dengan metode baby led weaning sudah berjalan hampir 3 bulan. Evaluasi dari berat setiap bulan ke Posyandu memberikan angka yang cukup menenangkan jiwa, dibulan pertama naik sebanyak 300 gram, bulan ke dua naik 500 gram, dan meri kita lihat bagaimana kenaikan berat Badan di bulan ke tiga. Kenaikan berat badan menjadi acuan evaluasi yang paten untuk mengetahui kecukupan pemenuhan nutrisi Fatih, karena jika terjadi stagnansi atau penurunan berat badan berarti ada yang perlu dievaluasi dari proses pemberian MPASI.
Selain kurva berat badan bulanan yang membuat Bunda berdebar, ada satu lagi nih momok yang bikin bunda cemas, yaitu kondisi devisiensi zat besi (ADB). Menurut Rapley (2008) saat bayi mencapai usia 6 bulan ia membutuhkan zat besi dan zink dalam jumlah tertentu yang hanya bisa dipenuhi dari makanan padat diluar ASI. Sehingga sejak usia 6 bulan harus sudah dikenalkan dengan maknan yang kaya aka…
Postingan terbaru

Baby Led Weaning segan Spoon-feeding tak mau

Assalamualaikum
Postingan kedua dengan tema MPASI lagi…
Baby Led Weaning segan Spoon-feeding tak mau, ya, begitulah yang akan terjadi bila kami tidak berilmu. Sebaga orang tua baru, semangat mencari ilmu memang mutlak adanya.
Daily basic need adalah kemampuan yang harus Muhammad Fatih Alkautsar miliki di tahun pertama hidupnya. Boys, you have a lot of development task to have at your 1st birthday. Bunda tau, tahun pertama hidup adalah tahun paling berat, karena kamu harus belajar kebutuhan dasar harian seperti menyusu, makan, mengunyah,minum dari gelas, mandi, obeh, berhias, tengkurep, terlentang, duduk, merangkak, berjalan, berkata, mencercau, bicara, aaahhhhhh kalau didaftar satu-satu akan lama. Dan sayangnya, Ayah bunda lupa bagaimana kemampuan itu bisa ayah dan bunda miliki. So, buat mengajarkan kamu hal-hal basic tersebut kami butuh belajar ulang.
Termasuk makan. Ya makan adalah aktivitas dasar dan sosial yang paling akan sering kamu lakukan. Start from your 6th month old until the r…

Baby-led weaning

Assalamualaikum



Alhamdulillah Sudah Tahun baru 2018, semoga ditahun baru ini kita bisa lebih produktif lagi menulis tulisan yang bermanfaat, Amin.
Sekarang Ayu mau berbagi cerita mengenai tahapan millstone yang Fatih lewati baru-baru ini, Yap makanan Padat sebagai pendamping pmberian ASI yang sering disebut sebagai makanan pendamping ASI (MPASI).
Ceritanya mulai dari mana yah, hemmm bingung…
Ok mulai dari tujuan pemberian MPASI dulu deh ya
Bismillah semoga Allah memberkati dan meridhoi kami sebagai orang tua Fatih, insyaAllah dalam proses MPASI, Metode yang kami pilih adalah….

BABY LED WEANING
Allahukbar!!!

Tujuannya adalah untuk menjadikan Fatih sebaga pribadi yang menerapkan nilai-nilai Islami dalam aktivitas dasar hidup termasuk didalamnya aktivitas makan. Dengan tujuan tersebut, rasanya metode yang paling mendekati adalah dengan menerapkan Baby Led Weaning. Dengan BLW Fatih bisa dilatih sedari dini untuk:
-Mencuci Tangan Sebelum makakan-Duduk saat makan-Berdoa sebeum makan-Menggunaka…

Fatih Sunat usia 4 bulan

Alhamdulillah ya Allah masih dikasih kesehatan buat nulis lagi di Blog.
Kali ini Ayu mau sharing tentang pengalaman sunat Fatih dini. Tepatnya pada saat usia Fatih baru memasuki usia 4 bulan.
Ide ini berawal saat hamil, ibu-ibu supporting group di Whatssapp pada ngomongin Phimosis. Jadi ada anaknya yang deman lebih dari 3 hari, ga disertai batuk atau pilek, cek darah sudah dilakukan, ternyata leukositny tinggi, lalu dicurigai ISK atau infeksi saluran kencing, dan positif ada bakteri di urinnya. Maka dokterpun curiga kalau si anak mengalami yang namanya Phimosis alias perlengketan kulup penis yang bikin retensi urin. Tahanan urin tersebut menjadi media perkembangiakan bakteri, ditambah juga penggunaan pospak yang membentuk lingkungan mendukung, maka terjadilah infeksi saluran kemih. Kalau alasannya ini, maka solusi paling ces pleng adalah sunat. Walaupun udah terapi antibiotic bolak balik, kalo nggak disunat-sunat maka kondisi ini akan relaps.
Saat itu, saya yang belum jadi emak menyimak…

HBO Incompatible

Assalamualaikum Wr. Wb

Alhamdulillah ya Allah, terima kasih atas kemudahan kepengurusan Fatih. Sebagai ibu baru, harus tinggal diluar kota tanpa ada relative yang menemani menjadi tantangan banget. Hahahah, mana Ibu asisten rumah tangga yang baru 3 minggu kerja bantuin dirumah uda resign lagi, disini saya merasa terantang, NGURUSIN diri (I’m literally big now), NGEMUKIN anak (Bio, Psiko, Sosial, dan Spiritualnya), dan mengurus my big baby. Karena ternyata mencari asisten rumah tangga yang cocok sama kita itu sulit, so we’re committed to take care our family without an assistant, Bismillah.


Well, sekarang Ayu mau cerita things that happened after M. Fatih Alkautsar come to the world.

Pas hari kelahiran Fatih, Ayu nggak ngeliat pai ada diantara keluarga yang nunggun kelahiran faith di ruang tamu bidan Srie Dody, I was so disappointed. Tapi setelah semua orang pulang dan ada Anggi dan Teh Ncih yang nemenin Ayu malam itu, Ayu baru dikabarin kenapa Pai nggak dating ke tempat lahiran. Pas t…

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bismillahirahmanirrahim

Hari ini Ayu bisa nulis lagi karena si Fatih endut cemeletet lagi di culik sama tetangga sebelah yaitu Bude Hafidz. Btw, kemaren Fatih dapet hadiah ayunan rotan, Makasih Bude Ayuannya Fatih suka banget.

Usia Fatih sekarang 2 bulan 3 minggu, duhhh anak ini lucu banget, lagi belajar merespon omongan dan senyum senyum kalo diajak ngobrol, ya mana tahan kalo dia udah senyum, Aku padamu lah nak.

Di tulisan sebelumnya ayu udah share kenapa Ayu lebih pilih lahiran di bidan ketimbang di rumah sakit kan, Alhamdulillah Allah kasih Kabul doa Ayu ini. Pengalaman melahirkan pertama Ayu bertempat di Rumah Praktik Bidan Mandiri HJ. Srie Dody.

Alamat tepatnya ada di jalan purbasari no. 29 gunung batu Bogor Barat, Jawa barat 16118. Letaknya sangat strategis dan mudah ditemukan, kalau naik kendaraan umum berenti aja di pasar Gunung Batu, habis tu jalan kedalem, ntar ada kelurahan dan Puskesmas pembatu, jalan lurus lagi, ntar bakal ketemu deh plang bidan s…

Proses Kelahiran MFA~Nikmat yang Banyak

Assalamualaik um Wr. Wb

Bismillahirahmanirrahim,

Hari ini Ayu mau cerita proses kelahiran putra pertama kami, Rahayu Mulya dan Rifky Adriansyah. jeda lama banget dari content cerita sebelumnya dikarenakan saya lagi rempong mempelajari tombol- tombol baru di otak yang baru saja diperbahaui programmnya dari “Pregnacy Mode” ke “Parenthood Mode”.

Hari ini Ayu bisa pegang Lapotop dan nulis sambil berasa denger denger halusinasi “aha ehe” ala bayi baru bangun tidur, karena si Fatih lagi tidur sendirian di kamar dengan posisi tengkurap, yah itulah satah satu tombol diotak yang baru muncul, yang bikin segala aktivitas yang kamu lakukan ga setenang dulu, karena pasti setiap 5 menit bikin kita nengok ke kamar cek anak gimana kondisinya.

Langsung aja ya, Ayu mau cerita kronologis kelahiran Muhammad Fatih Alkautsar.



GREETING FROM MUCUS PLUG

Aktivitas hamil besar yang rutin Ayu lakukan adalah buang air kecil dimalam hari, jadwal BAK Ayu tuh jam 22, jam 01, jam 03, dan bangun solat subuh. Hari itu …