Proses Kelahiran MFA~Nikmat yang Banyak

Assalamualaik um Wr. Wb

Bismillahirahmanirrahim,

Hari ini Ayu mau cerita proses kelahiran putra pertama kami, Rahayu Mulya dan Rifky Adriansyah. jeda lama banget dari content cerita sebelumnya dikarenakan saya lagi rempong mempelajari tombol- tombol baru di otak yang baru saja diperbahaui programmnya dari “Pregnacy Mode” ke “Parenthood Mode”.

Hari ini Ayu bisa pegang Lapotop dan nulis sambil berasa denger denger halusinasi “aha ehe” ala bayi baru bangun tidur, karena si Fatih lagi tidur sendirian di kamar dengan posisi tengkurap, yah itulah satah satu tombol diotak yang baru muncul, yang bikin segala aktivitas yang kamu lakukan ga setenang dulu, karena pasti setiap 5 menit bikin kita nengok ke kamar cek anak gimana kondisinya.

Langsung aja ya, Ayu mau cerita kronologis kelahiran Muhammad Fatih Alkautsar.



GREETING FROM MUCUS PLUG

Aktivitas hamil besar yang rutin Ayu lakukan adalah buang air kecil dimalam hari, jadwal BAK Ayu tuh jam 22, jam 01, jam 03, dan bangun solat subuh. Hari itu kamis 11 Mei 2017 jam 22.30 Ayu bangun dari tidur reflex ke kamar mandi, biasa, setiap keluar kamar pasti tengok kanan liat jam langsung tengok kiri ngeliat Pai yang lagi nonton sinema malam di TV, buru-buru deh ke kamar mandi. Karena tekanan uterus yang semakin besar dan menekan kandung kemih, Ayu jadi ga kuat nahan pipis alias inkontinensi urgency, jadi ga sempet deh tuh naik ke kakus yang aga tinggi, jadi suka keburu BAK di lantai kamar mandi. Sambil mata ngantuk Ayu siram dong, dan mengalirlah urin ke saluran pembuangan, tapi hari ini si urin ngajak temennya yaitu lender darah yang lumayan banyak dan bikin mata yang tadinya ngantuk jadi tebelalak, ALAMAK dapet salam dari Mucus plug. Dari situ saya tau bahwa proses persalinan akan berlangsung dalam waktu dekat, dipikiran saya yang pendek ini memprediksi mungkin 3 hari lagi saya akan melahirkan. Seketika itu juga ada rasa keram Rahim khas smbilangeun menstruasi tapi rasanya halus banget, sampai butuh konsentrasi buat ngerasainnya. Malam itu Ayu kasih tau mamah, ya kata mamah sebentar lagi akan melahiran, mungkin dua atau tiga hari lagi. Langsung juga WA Bang Eky supaya siap2 Packing jadi kalo ada aba-aba pulang ke Bogor tinggal ambil satu tas aja yang sudah berisi pakaian.

LATIHAN JALAN TERAKHIR

Jam 5 subuh, sambil ditemenin sama Pai, Tumbler minum, dan Pedometer Ayu mulai latihan naik turun tangga didepan rumah. Hari ini rasanya ada energy lebih, jadi dalam 30 menit Ayu naik turun tangga sebanyak 2075 langkah, habis itu langsung sarapan dan nge teh manis, Ahh nikmatnya. Setelah orang-orang berngkat kerja, rumah jadi sepi, dorongan energy yang begitu besar pagi tadi berubah jadi keinginan “I just Wanna laid in my bad” beresin kamar, dan mulailah gogoleran. Jam 11 Mamah dengan terburu-burunya habis telponan sama tante titin pamit mau ziarah Kubur ke Ciawai, sebelum si Ayu melahirknan katanya. Walhasil dirumah Cuma ada Ayu, pai, The II, Iga, Eca, dan Edsel. Habis mandi, Ayu gogoleran lagi dikamar. Solat Zuhur lender darah masih Ada, tapi lebih sedikit.

Sekitar jam 12.30 Mamah Yasmin telpon, Inti pembicaraan kami adalah, Ayu kayanya udah mau melahirkan, suruh cepet Bang Ekynya pulang. Perasaan kuat si Nenek akan kelahiran cucu barunya ini ternyata lebih kuat daripada mamaknya si bayi, saran mamah Ayu selalu jawab dengan “tapi mah, belum ada kerasa kontraksi”, karena, lagi-lagi dari pemikiran Ayu yang pendek ini, Ayu baru mau suruh bang Eky pulang ke Bogor kalo Ayu dah ngerasa mules, karena dari teori dan cerita teman, proses persalinan anak pertama bisa memakan waktu 12 jam dari terasa mules pertama, yah cukuplah buat perjalanan Cirebon Bogor.

SORE ITU HUJAN

Habis ditelpon Mamah Yasmin, Ayu telpon Bang Eky, lapor kalo lender darah masih terus keluar kalo Ayu pipis, tapi mules belum muncul, Abang Besok Sabtu pulang aja ya, senin Minta cuti, temenin Ayu USG ke Dr, Farah Dina di RSIA Bunda Suryatni, tapi Abang juga siap2 aja ya. Itulah hasil diskusi kami siang itu. Lalu Ayu tidur pulas. Jam 3 bangun, aduh rasanya laper, tapi kepingin banget makan mie Ayam Ciawi, telponlah mamah dan tante titin minta dibungkusin mie Ayam ciawai yang deket rumah tante titin.

Dengan baju daster warna biru yang dibeliin Bang Eky di Jogja Sumber Ayu bangun solat Ashar, di luar hujan, jadi ga bisa jalan naik turun tangga kayanya, tangganya licin pastikan. Sore itu Ayu sempet bikinin Eca dan Edsel telor goreng, sementara keinginan untuk gogoleran masih kuat banget, maka sore hari itu ayu main hape sambil tidur2 tiduran ditemani hujan lebat kota bogor yang bikin makin MAGER, alis males gerak.


PENGUMUNAN KELAHIRAN DARI SYIFA

Pukul 17.21 group Whatsapp MAGIC diramaikan dengan pengumuman kelahiran anaknya Syifa Fauziah. Putri cantiknya ini lahir dengan proses cesar lebih dua hari dari HPLnya. Wah tiba-tiba perasaan sumilangeun aga meningkat rasanya, tapi masih bisa banget dialihkan rasa ga nyamannya. Mulailah kepo ke Syifa tentang proses kelahiran, tapi Syifanya masih recovery jadi WA personal Ayu nggak dibales2.

Entahlah, rasanya kabar ini menjadi kejadian pencentus, badan Ayu kaya berrespon gitu pas dapet kabar ini, seperti ada hormone tubuh yang mulai bekerja, tapi baru mulai nih kayanya.

MAMAH PULANG BAWA MIE AYAM

Pas Magrib, saat Azan berkumandang Mamah sama Anggi pulang. Buru2 dengan gragasnya ayu buka gembolan makanan yang mamah bawa dari ciawi mencari pesanan yang dari tadi mulai kebanyang banyang, Mie Ayam. Langsung ambil piring dan mulai makan, Ayu yang biasanya welas asih dan nggak pelit sama ponakan, hari itu tiba2 jadi egois banget, si Edsel yang udah nungguin ayu buka mie Ayam, ayu suruh buka aja mie Ayam yang satunya, yang ini mau tante makan sendiri, maaf  ya edsel. Setelah puas dan kenyang makan mie Ayam, satu satu teh ningsih dan teh Ndel pulang. Personel rumah udah lengkap.

Habis makan mie Ayam Ayu langsung solat magrib, nah sekarang darahnya udah percis kaya darah haid, jadi ada yang udah merembes ke celana  dalam, pun ada yang keluar bersama BAK, dan makin banyak, rasa sumilangeun makin kentara, tapi masih bisa ditahan, ini khas banget kaya sumilangen hari pertama haid. Selesai solat magrib kita semua kumpul di kamar Bapak ngeliat HP baru bapak yang teh Ncih bawa dari koperasi kantornya, semua penasan.

Sambil duduk di bawah ayu ngerasa ada perasaan tuing tuing di Rahim, ayu mulai ga bisa duduk tenang, ganti posisi kanan kiri sambil ketawa ketiwi liat bapak yang sumbringah banget dapet HP baru.

GELOMBANG CINTA DATANG

18.43 Ayu pengumuman di group Magic tentang rasa kontraksi yang mulai muncul, group ramai dengan tema si Ayu latah mau lahiran juga.
Adzan isya berkumandang, buru-buru ambil wudhu buat solat, dan wow celana dalem Ayu dah penuh sama darah, lalu seketika ada remasan yang kuat di Rahim yang bikin ayu merinding, bikin badan bergetar alias ngederegdeg. Isya selesai, Ayu langsung insting kayanya ini yang namanya kontraksi, rasanya Rahim ada gelombang cengkraman tangan yang kuat meres, sensainya bikin napas terengah, jalan terhenti, mata merem, dan muka mesem. Buru-buru pakai pembalut buat haid.

19.12 Ayu WA Bidan konsulen alias Niken kalo ayu sekarang ngerasa udah kontraksi, ada darah kaya haid. Dengan instruksi khas bidan senior RSTDD niken suruh ayu periksa dalam ke Bidan Srie Dody. Kalo bukaanya masih kecil ayu bisa balik lagi ke rumah, yang penting sekarang cek dulu udah ada pembukaan atau belum.

Dapet aba-aba kaya gitu, gelombang cinta menghantam lagi, semua otot badan kontraksi nahan rasa sakit. Sembari juga siap-siap dengan daster biru itu,kerudung hitam,tas selempang kecil yang isisnya dompet dan hp, Ayu panggil teh Ncih yang lagi makan di ruang tamu. Tapi teh Ncihnya nggak dating-dateng, malah bilang tunggu dulu, lagi nikmat katanya makan. Terakhir ayu panggil teh ncih dengan nada tinggi gitu, baru deh dia masuk ke kamar. Teh aterin ayu ke bidan Srie Dody dong, ini kayanya kontrasi udah dateng, mau cek bukaan aja dulu, tapi sama teh Ncih Aja ya janga bilang siapa siapa dulu. Dengan sigap teh ncil bilang ia tapi dia ga mau sendiri, langsung teh Ncih panggil A Anggi.

19.30 kita bertigaan jalan dari rumah ke bidan sri dody, dijalan ayu dipegangin kanan kiri sama teh ncih dan A anggi. Gelombang cinta datang dua kali di dekat masjid Al Amin dan telpon umum koin. Sumpah makin kuat sampe bikin ga bisa melangkah, Cuma bisa salawat sambil remes remes tangan A Anggi. Teh ncih Ayu minta tolong buat tarikin uang di ATM link gunung batu, sementara Ayu dan A Anggi belok kanan ke bidan, sepanjang jalan dari puskesmas sampe bidan srie dody selombang cinta datang makin kuat dan rapat, rasa Aduhai hai hai hai aduh asiknya kontrasi Cuma bisa ayu ekspresikan dengan remasan tangan ke A Anggi.

19.45 sampai di bidan srie dody. Ada bidan bedah lagi on duty dinas malam. Habis timbang dan cek tensi ayu langsung disuruh naik ke brangkar pemeriksaan. Pas celana dalam dibuka darah kental dah menuhi pembalut yang baru 20 menit lalu di pakai. Dengan aba-aba ayu tarik napas dalam dan jari bidan bedah mulai masuk untuk cek pembukaan di vagina, rasanya cek dalm itu…biasa aja ga seperti orang2 bilang, yang pnting tarik napas dalam dan relaks, rasa nyrinya bisa kok termanajemen.

“bukaan berapa bidan?”

“Hem,,,,bukaan 4 dengan selaput amnion menonjol, udah ga usah pulang ya langsung nginep aja, barang-barang lairannya minta dibawain aja”

“HAH? Bukaan 4, kok uda bukaan 4 aja ya”

“Mumgin ibunya ga dirasa kali sakitnya”

Lalu kata-kata “bukaan 4” terngiang ngiang di otak, mengundang gelombang kontraksi yang semakin kuat dan terasa….sakitnya. Ayu dipersilahkan menandatangani inform consent IMD dan rooming in.

MARTABAK ISI KETAN DAN MILO HANGAT

Kontraksi makin kuat dan rapat datang, Ayu ga bisa menahan badan supaya nggak bergetar, Ya Allah rasanya nyeri, nggak karuan, pas mau ngomong ke A Anggi dan teh Ncih buat bawain barang-barang lahiran yang udah Ayu persiapin rapih di kamar, Ayu Cuma bisa ngomong satu satu, terbata nahan gelombang cinta yang makin sistemik. Langsung telpon mamah mertua dan Bang Eky. Aduh kalo dipikir pikir sembarangan banget ya waktu itu, bilang ke Bang Eky untuk pulang sekarang juga, kaya Cirebon deket aja.
Sebelum A Anggi meluncur ambilin barang-barang lahiran Ayu, dia tanya, Ayu mau dibawain apa, yang ada diotak adalah martabak isi ketan dan milo hangat. Teh Ningsih terus nganter Ayu ke kamar rawat.

MENIKMATI RASANYA KONTRAKSI DAN PEMBUKAAN

Di kamar rawat Ayu disuruh miring kiri untuk mempercepat pesalinan. Teh ningsih sigap usap usap pinggang Ayu. usapan teh Ncih cukup bikin nyman. Saat ada jeda kontraksi, Ayu bisa napas dan ngobrol sama teh Ningsih, tapi saat kontrasi datang, Ayu Cuma bisa bersalawat sambil mengeluarkan suara-suara “Ah Ah ah” sembari berusaha senyum. Katanya kalau bibir senyum, pembukaan dibawah juga ikutan senyum alias makin terbuka lebar. Ayu juga berusaha nggak teriak supaya energy bisa tetep tersimpan sampai saatnya yang tepat nanti untuk dikeluarkan.

MasyaAllah kontrasi semakin terasa nyata dan rapat. MasyaAllah di tengah-tengah rasa nyeri yang teramat sangat tiba-tiba ada perasaan ingin menyerah, maksudnya rasanya ingin menyerahkan proses ini ke Bidan, mau diapain aja silahkan. Tapi Alhamdulillah masih bisa inget dengan kata-kata sakti mamah kalau yang bisa menolong kita dalam proses persalinan ini Cuma Allah, bidan itu cuma perantara. Disinilah titik kritis tentang ketauhidan kita, tentang keyakinan kita apakah 100% kepada Allah, tentang iman kita terhadap segala peristiwa yang terjadi adalah karena kenedak-Nya.

Reclaim The power, ya filosofi Gentle birth yang udah Ayu baca-baca selama hamil itu harus di praktikan. Inget, bukan Cuma Ayu yang lagi berjuang menahan segala rasa ini, ada pemeran utama yang juga lagi berjuang di bawah sana, di ruangan yang lebih sempit dan gelap, ada Ayu dan Eky junior yang lagi mencari jalan keluar. Semakin bagus mulesnya berarti si Junior semakin turun ke jalan lahir.

BUKAAN LENGKAP

Teh Ningsih sudah gentian sama mamah, mamah sekarang yang usap usap pinggang Ayu sembari kasih ayu minum air putih doa dan zikir mamah. Teh Ncih sama A Anggi lagi cari Martabak isi ketan dan milo hangat katanya.

Jam 21.00 tiba-tiba ada perasaan ingin meneran, akhirnya Ayu tau bagaimana rasanya dorongan meneran. Rasanya bukan seperti ingin BAB, tapi seperti hemmm ada kontaksi dan tegangan otot yang panjang dan menyebar dari vagina, perineum, sampai ke anus, menghasilkan suara menekan. Ini bukan reflex tubuh yang baru dirasain, ini reflex tubuh saat klimaks dalam ibadah itu, wow Birthgasm. Langsung lapor ke bidan bedah kalo sudah ada perasaan ingin meneran yang reflex ga ketahan. Langsung bidan bedah melakukan cek bukaan dalam
Dan…WOW BUKAAN LENGKAP
Dengan sigap Bidan Bedah langsung mengajak ke ruang bersalin, pas ditawarin kursi roda, Ayu tolak dan memilih buat jalan aja sembari meringis ringis nahan sakit. Nggak berapa lama datanglah bidan senior bermuka teduh yaitu Bidan Srie Dody, Alhamdulillah seperti yang Ayu minta Ke Allah supaya ditangani langsung sama Bidan Srie Dody terkabul.

Berhubung suami tersayang masih di Cirebon, maka yang masuk ke ruang bersalin nemenin Ayu adalah Mamah. Ini jadi pengalaman pertama buat melahirkan pun pengalaman pertama mamah menemani anaknya melahirkan secara normal, karena anak sama mantunya yang lain lahirannya C-Section. Kami berdua tegang dan saling support.

DIATAS BRANGKAR MELAHIRKAN

Kata bidan Sri, kalau ada dorongan buat meneran, bantu dorong dengan mengedan. Kalau keinginan menerannya hilang manajemen dengan proses napas dalam, kalau keinginan menerannya masih ada, Jeda dengan napas langsung lanjutin lagi mengedannya. Itu instruksi simple dari Bidan tapi rasanya Maraton buat Ayu. Ya bener banget, kalau melahirkan itu Marathon bukan sprint. Nggak nyeri, nyeri pembukaan yang dari tadi dirasain hilang, yang terasa sekarag cuape banget.

Dorongan meneran pertama datang, maka saya coba menekan dengan posisi litothomi maksimal, mata memejam, gigi gemeretak, napas terhatan, dan fokus meneran pada area perut ke bawah, tanpa suara. Tapi karena proses melahirkan ini berpusat di spinal bukan di brain, maka latihan napas, latihan meneran dan latihan2 lainnya yang ayu dapet selama senam hamil beberapa kali hilang memorinya. Sempet salah cara napasnya, atau salah cara menerannya.

Push-breath-push-rest berulang berkali kali, ayu sampe lupa berapa kali siklus ini terjadi. Asli yang dibutuhkan dalam proses melahirkan normal adalah endurance. Latihan fisik yang cukup berat belakangan ini sangat membantu endurance. Sekitar 45 menit proses yang berulang ulang ini dilakukan, mamah yang ada disamping Ayu sigap ngasih Ayu minum setiap fase rest, atau ngasih kurma buat nambah tenanga. Bidan bedah dan bidan Sri masih sangat sabar menemani, mengingatkan untuk napas saat fase push Ayu kelamaan, mnjadi tumpuan kaki saat posisi litotomi. Ayu juga udah berubah posisi beberapa kali. Tentang posisi nih, Ayu ngerasa posisi miring kiri sambil angkat kaki kanan ngaruh banget ke proses penurunan kepala bayi ke jalan lahir, setiap posisi miring ayu ngerasa ada pergerakan dari kepala si Junior dibawah sana.

Entah di menit keberapa, saat posisi istirahat terasa ada rasa hangat merembes dari bawah sana. Bukan hangat sih tepatnya, tapi cukup panas, ternyata Bidan Sri melakukan proses Amniotomy alias pemecahan selaput ketuban. Dah pas lithotomy dilakukan, keinginan untuk meneran semakin menggila. Jeda istirahat jadi makin sedikit, Baru meneran aga lama, lalu hilang, isirahat sebentar doang, datang lagi keinginan meneran. Siklus Push-breath-push-rest terjadi semakin cepat, rapat, dan intens. Samapai sampai Ayu nggak tau kapan itu Bidan Sri melakukan Episiotomy, nggak kerasa sama sekali, ketutupan sama siklus meneran tadi.

Sampai satu titik perasaan meneran terjadi terus menerus tanpa ada jeda rest buat Ayu mengedan sekuat kuatnya, sambil jeda napas, lalu meneran lagi. Mau istirahat tapi nggak bisa, perasaan meneran itu terus berlanjut. Ternyata itu terjadi karena kepala bayi yang paling besar lagi keluar. Pas mau lanjut mengejan, Ayu ditepuk sama bidan sri untuk stop, ternyata saat itu seluruh kepala sudah keluar, proses melahirkan bahu, badan, pantat dan kaki dilakukan cepat tanpa meneran.

“Alhamdulillah” udah keluar yah kata bidan Sri tenang
Bayi laki laki keluar pukul 21.55

Ucapan syukur dan merambat dari bidan sri, Ayu, Mamah, dan Bidan Bedah, saat tangis pertama bayi ini terdengar makan ucapan syukur juga menjalar ke keluarga yang menanti di luar, ada teh Ndel, teh Ncih, A Anggi, Teh II, Mamah Mertua, dan Papah Mertua

Pukul 22.00 placenta dilahirkan. Dan dimulailah proses hecting perineum sembari ayu melakukan IMD sama bayi merah yan masih basah ini. Yang Ayu rasain Cuma bahagia yang membuncah dan rasa syukur tak terkira, proses jahit menjahit dibawah sana nggak terasa sama sekali, Ayu sibuk meyambut anak bayi yang tertelungkup di dada saat ini, sibuk bicara dan mengobrol pertama kali dengan laki laki kecil ini. Baru 15 menit IMD bayi mau diambil untuk dicek BB, TB, dll, tapi Ayu minta lebih lama ngdate IMD sama dia.

Selama 30 menit IMD, bayi tersayang menjalani fase IMD dari diam kelelahan, mengangkat kepala, menarik genggaman tangan ke mulut, menjilat tangan dengan mulut, lalu menjilat-jilat nipple. Karena ada data bayi baru lahir yang harus diisi oleh bidan Bedah maka Proses IMD diintrupsi sebentar.



Bayi ini lahir pada tanggal 12 Mei 2017 jam 21.55, BB 3300 gram, TB 48 cm, lingkar kepala 31 cm. Apgar Score 9, IMD 30 Menit, Vaksin HB0, Vit K, Tetes mata Tetrasilic, cap kaki pada sertifikat keterangan lahir. Setelah proses administrasi in selesai Bayi keluar duluan untuk bertemu sanak saudara, sedangkan Ayu masi dibersikan dan dirawat KDMnya sama Bidan Sri.
Diluar sana bayi disambut hangat oleh saudara saudara. Special sekali anak ini diazani oleh Andungnya, berhubung Ayah tersayang masih di jalan. Setelah Ayu beres, Ayu keluar dengan kursi roda. Ucapan selamat bertubi tubi, ada rasa haru bahagia di wajah wajah keluarga. Alhamdulillah

22.30 sampai kamar rawat ,Ayu memilh untuk melanjutkan proses IMD dibanding istirahat. Dan anak bayi laki lakiku ini pintar sekali, dia sudah bisa menyusu dengan semangat hidupnya yang baru 1 jam tanpa menyakiti bundanya.

Barakallah Nak, selamat datang sayang, selamat datang di Dunia

Jam 00 dia tidur di Boxnya. Ayu masih nggak bisa isirahat, pingin pipis, tapi reflex bukaan spingternya belum terbuka. Jam 01.00 Ayu bisa BAK di pospak, wahhh langsung penuh. Jadi harus ganti ke pembalut maternitas. Dibantu teh ncih Ayu jalan ke kamar mandi. Setelah itu Ayu masi nggak bisa tidur, bayi tidur pules di box…

Ada yang Ayu tunggu, Ayah anak ini. Bang Eky sampai pukul 03.00 dini hari, tangis haru pecah saat bang eky datang, terselip juga rasa bersalah dan penyesalan


Maaf ya Bang


Komentar

Fafa mengatakan…
MasyaAllah lengkap sekali ceritanya. Terimakasih mbak, sangat membantu menggambarkan proses melahirkan bagi saya yg baru mau melahirkan pertama. Pas bgt saya cari blog yg membahas lahiran di Bu Sri dody & blog ini lengkap sekali. Jazakillag Khairan katsira

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Prosedur Pemberian Obat supositoria