Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Assalamualaikum Wr. Wb.

Bismillahirahmanirrahim

Hari ini Ayu bisa nulis lagi karena si Fatih endut cemeletet lagi di culik sama tetangga sebelah yaitu Bude Hafidz. Btw, kemaren Fatih dapet hadiah ayunan rotan, Makasih Bude Ayuannya Fatih suka banget.

Usia Fatih sekarang 2 bulan 3 minggu, duhhh anak ini lucu banget, lagi belajar merespon omongan dan senyum senyum kalo diajak ngobrol, ya mana tahan kalo dia udah senyum, Aku padamu lah nak.

Di tulisan sebelumnya ayu udah share kenapa Ayu lebih pilih lahiran di bidan ketimbang di rumah sakit kan, Alhamdulillah Allah kasih Kabul doa Ayu ini. Pengalaman melahirkan pertama Ayu bertempat di Rumah Praktik Bidan Mandiri HJ. Srie Dody.

Alamat tepatnya ada di jalan purbasari no. 29 gunung batu Bogor Barat, Jawa barat 16118. Letaknya sangat strategis dan mudah ditemukan, kalau naik kendaraan umum berenti aja di pasar Gunung Batu, habis tu jalan kedalem, ntar ada kelurahan dan Puskesmas pembatu, jalan lurus lagi, ntar bakal ketemu deh plang bidan sri dodi ini di sebelah kanan, tepat sebelum SDN Purbasari.

Ayu pertama kali masuk ke rumah praktik bidan srie Dody ini pas nengokin An nisa Nur Citra Dien pada tahun 2014. Pas masuk ke rumah itu tuh, Ayu ngerasa adem banget, tenang, dan homey. Langsung aja deh ada niat dalam hati, Ahh ayu kalo melahirkan mau disini ahh, siapaun suaminya:) heheh karena waktu itu ayu belum ada banget tanda-tanda mau nikah, secara lagi sibuk sibuknya pendidikan profesi.

Setelah menikah, pertama kali ke Sri Dody itu sama bang Eky, habis acara 4 bualanan waktu itu. Kita nanyanya bebera hal. Awalnya kita nyatain InsyaAllah mau lahiran disini kalau kondisi kandungan normal. Pertama itu nanya tentang biaya lahiran, nah kata bidan Bedah yang waktu itu melayani kami, rata-rata dikisaran 2 juta rupiah, biaya kontrol rutin tanpa obat 50 ribu, dan biaya latihan senam hamil 20 Ribu per pertemuan.

Tentang BPJS, nah Rumah bersalin Srie Dody belum melayani BPJS. Jadi kalau mau mlahirkan disini bayar mandiri. palingan kalo misalnya kondisi melahirkan tidak normal dan harus dirujuk ke rumah sakit, barulah BPJS bisa digunakan di RS, dan bidan Srie Dody bisa membuatkan surat rujukan tindakan medis di RS sebagai faskes tingkat 1 nya. Rumah sakit di Bogor udah bekerja sama dengan bidan praktik ini, Alhamdulillahnya alur rujukan ke RS. Bunda Suryatni sudah bisa dilakukan. RBS ini juga punya ambulance buat melancarkan proses perujukan.

Rumah bersalin Srie Dody adalah bidan Delima. Artinya bidan ini sudah melaksanakan tatalaksana standard rumah bersalin sayang ibu dan anak sesuai standard nasional yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan. Pelayanan delima yang Ayu rasain tu dari awal kita udah pake buku PINK KIA buat Dokumentasi kesehatan selama pemeriksaan rutin. Terus yang paling Ayu syukuri dari bidan Delima ini adalah adanya inform consent terkait IMD alias Inisiasi Meneyusu dini dan Rooming in alias bayi dan ibu yang langsung dirawat gabung tanpa ada pemisahan tempat rawat sejak lahir sampai pulang. Dua policy ini sangat menguntungkan ibu dan anak, karna proses menyusui kedepannya jadi terasa lebih mudah dan nyaman.

Menurut Ayu juga nih ya, Rumah Bersalin ini mengakomodasi juga proses lahiran Gentle Birth. Filosofi gentle birth salah satunya adalah melahirkan nyaman, melahirkan aman. Nyaman karena pelayanan komunikasi terapeutiknya sangat baik, ramah, dan kekeluargaan. Alhamdulillah pas lahiran kemarin ga ada tuh drama bidan galak yang membentak bentak, semua proses komunikasi dilakukan untuk meningkatkan status kesehatan dan kesejahteraan pasien. Bidannya murah senyum, mudah diajak berkomunikasi. Aman kerena standard precaution dan standard kompetensi bidannya terjamin. Oh ia, buat kamu yang berniat lahiran di Bidan pastikan sudah melakukan suntik Tetanus Toxo/TT ya, itu juga sebagai salah satu standard precaution di RBS ini. Yang pastinya rasa nyaman dan aman ini datang dari pengalaman bidan Srie Dody. Ya, dia bidan yang sudah tua, wajahnya teduh, nasihatnya pas, ketegasannya ngena.

Nah, Rumah bersalin ini juga cukup islami lah ya. Kalo kita lagi kontraki kita diarahkan untuk berzikir, istigfar, tahlil, tahmid, atau salawat. Di dalam ruang bersalin ada sedia kurma buat memberikan kita tenaga saat mengedan. Nah pas Ayu lahiran kemaren, kan Ari-ari nya sudah dimasukan ke kendil Ari, bidan Sri pesannya sangat baik, tepatnya menghindarkan musrik, kayanya gini : “Ini jangan dibuka-buka lagi yah udah saya masukin cairan buat mempercepat pembusukan, langsung kubur Aja”,,heheh jadi kan nggak perlu ada ritual masukin gula lah, garem lah, asemlah, hahah mau bikin rujak kale.

Kemaren Ayu dirawat di kamar rawat Mawar. Disana ada 4 kamar rawat, didalamnya ada satu tempat tidur dewasa buat ibu, satu Box buat bayi, meja, cankir, gelas, kipas angin, tempat gantungan anduk, dan satu kasur buat yang nungguin, maksimal yang nungguin 2 orang. Selain pelayanan melahirkan, Ayu juga dapet pelayanan standard keperawatan, kaya sarapan, makan siang, makan malam, dan 2 kali snack. Cek TTV pagi dan sore, bayinya dimandiin, kalo bayi ee atau ganti pospak juga masih dipegang sama bidannya. Pas pulang Ayu dapet goody bag isinya barang-barang first aid bayi, brosur akikah, antibiotik, dan vitamin. Oh ia, pas Ayu control 1 minggu pasca lahiran, cek jaitan epis dan kondisi nifas juga periksa perkembangan bayi, ehh taunya udah jadi satu paket sama pembayaran persalinan, jadi biaya kontrol 1 minggunya gratis. Sayangnya Ayu ga dapet pelayanan nifas minum vitamin A kapsul merah, Ayu waktu itu minum sendiri minta kapsulnya ke Kak Rina. Kata bidan Sri, RBS aga susah buat permintaan Vit. A ke kemenkesnya.

Pesan Ayu sih, kalo udah berniat mau melahirkan di rumah bersain swasta Hj. Srie Dody, rajin-rajilah control dan ikutan senam hamilnya sejak usia kehamilan 33 Minggu, rangkaian ini akan memudahkan proses bersalin, InsyaAllah.
Sekian Dulu

Wassalam
Ayah dan fatih di depan rumah bersalin Bidan Srie dody

Kamar rawat kami

Ruang melahirkan

Ruang tunggu


Kamar periksa

Mushala

Kami yg berbahagia

Komentar

Unknown mengatakan…
Bagus mba, mksh info nya
Wesul Koroni mengatakan…
boleh mnta infonya jadwal praktek bidan sri dodi hari dan jamnya? kemaren kesana tutup?
Unknown mengatakan…
senin sampai sabtu, jam 8-16 . tgl merah libur . tp untuk persalinan 24jam
Rahayu Mulya Cuap cuap mengatakan…
Kalo mau kontrol, dan mau pastikan buka atau tutup bisa juga hubungi call center hp : +62 856-9126-9135. Semoga membantu
Unknown mengatakan…
Usia kandungan udah 38 minggu, cuma mau senam tidak kontrol bisa ga yah? Jadwal senam kapan yah?
Rahayu Mulya Cuap cuap mengatakan…
Bisa Mba, kalo mau senam saja bisa datang hari kamis jam 8-10 pagi, registrasi, terus bayar Rp 20.000...walaupun lahirannya ga di sri dodi, senamnya bisa di situ, disela2 proses senam juga bisa sekalian konsul kok ke bidan Henni
Unknown mengatakan…
Hi Mba Terimakasih untuk informasi pentingnya mau tanya untuk USG nya ttp dirumah sakit atau di bidan sri dodi ada usg?
Rahayu Mulya Cuap cuap mengatakan…
Di rumah sakit mba, di srie dody nggak ada USG
sundari mengatakan…
boleh minta infonya kalau biya persailanan normal di sri dodi berapa?
Rahayu Mulya Cuap cuap mengatakan…
Sekitar 2 jt-an,biaya bervariasi sesuai tindakan dan alat medis yg diterapkan
Unknown mengatakan…
Saya acungkan 4 jempol untuk bidan srie dody 2012 anak ke 2 saya lahir disana, takjub bidan ini penuh keyakinan kalo anak pertama cesar anak kedua belum tentu harus cesar juga(tergantung kondisi masing2x ibu hamil tentunya dan kebetulan anak pertama saya lahir secara cessar pd th 2010),keyakinannya mengalahkan dokter spesialis Dari RS Bunda Margonda Depok tempat kami kontrol kehamilan (kami tinggal di depok namun weekend pasti dibogor bersama orang tua periksa di 2 tempat untuk antisipasi aja sich) awalnya saya gak percaya dan cenderung merendahkan keyakinan bidan tsb karena saya anggap analisisnya tidak ilmiah namun ternyata 29 Juni 2012 saya menyaksikan sendiri ketika mendampingi istri persalinan dibantu bidan srie dody dan 2 asistennya anak saya lahir secara normal, meskipun dengan sedikit drama namun saya sangat apresiasi dengan tindakan2x bidan srie dody pada saat persalinan.rekomendasi dech buat agan dan sista yg hendak melakukan proses persalinan di wilayah Bogor Barat..
Rahayu Mulya Cuap cuap mengatakan…
Mantap Bang, Alhamdulillah, InsyaAllah kalo kondisinya ok buat Vbac (melahirkan pervaginam setelah sebelimnya Cesar) akan dibantu oh rumah bersalin sri dody ini
Unknown mengatakan…
ada USGnya gak di bidan srie dody??
Ariesta mengatakan…
Mbak Ayu, untuk biaya sekali kontrolnya berapa ya? Terima kasih :)
Unknown mengatakan…
waktu saya di thun 2016 itu sekali kontrol Rp 50.000 mba, belum sama obat or vitamin yang diresepkan atau cek lab

Postingan populer dari blog ini

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Prosedur Pemberian Obat supositoria