Bakso Anti ADB bersama Philips Avent pembuat makanan bayi sehat 2 –in-1

Muhammad Fatih Alkautsar berusia 9 bulan tepat 12 Februari 2018. berarti pemberian makan dengan metode baby led weaning sudah berjalan hampir 3 bulan. Evaluasi dari berat setiap bulan ke Posyandu memberikan angka yang cukup menenangkan jiwa, dibulan pertama naik sebanyak 300 gram, bulan ke dua naik 500 gram, dan meri kita lihat bagaimana kenaikan berat Badan di bulan ke tiga. Kenaikan berat badan menjadi acuan evaluasi yang paten untuk mengetahui kecukupan pemenuhan nutrisi Fatih, karena jika terjadi stagnansi atau penurunan berat badan berarti ada yang perlu dievaluasi dari proses pemberian MPASI.

Selain kurva berat badan bulanan yang membuat Bunda berdebar, ada satu lagi nih momok yang bikin bunda cemas, yaitu kondisi devisiensi zat besi (ADB). Menurut Rapley (2008) saat bayi mencapai usia 6 bulan ia membutuhkan zat besi dan zink dalam jumlah tertentu yang hanya bisa dipenuhi dari makanan padat diluar ASI. Sehingga sejak usia 6 bulan harus sudah dikenalkan dengan maknan yang kaya akan zat besi. Jika asupan makana kaya zat besi ini tidak dikonsumi sejak usia enam bulan, makan ada kemungkinan anak akan mengalami ADB. Kondisi ini di tandai dengan berat badan yang stagnan atau menurun, tidak nafsu makan, dan perlambatan pertumbuhan lainnya. Kenapa hal itu terjadi? Sebab zat besi adalah zat pengikat oksigen dalam darah, jika peredaran oksigen baik, maka pertumbuhan dan perkembangan juga akan berjalan baik, bila kadar oksigen berkurang dalam darah, maka suplay oksigen akan diutamakan untuk organ vital dahulu, baru selanjutny untuk penambahan jumlah sel tubuh.

Nah, supaya pemenuhan zat besi fatih bagus, bunda rutin membut makanan finger food buat fatih yang berasal dari daging sapi. fatih paling lahap makan daging cincang pas dibuat dalam bentuk bakso. Bagimana cara membuatnya:

Bahan:
- Daging cincang 100 gram
- Tepung serbaguna 1 sendok muncung
- Tepung maizena 1 sendok datar
- Sejumput garam
- Sejumput merica
- Satu sdt garlic powder
- Satu butir telur
- Untuk merebus : air dan minyak
Cara membuat:
- Campurkan semua bahan sampai menjadi adonan bakso 
- Panaskan air dalam panci dengan tambahan dua sendok minyak
- Setelah air mendidih, ambil satu genggam adonan bakso, lalu tekan genggaman sampai ada bulatan adonan diujung kepalan tangan, ambil dengan sendok, lalu masukan ke dalam air mendidih

- Rebus bakso sampai matang, siap dikonsumsi


Senang rasanya melihat fatih makan bakso buatan bunda dengan lahap. Inginnya sering-sering membuatkan, tapi apa daya, bunda Cuma bisa membuatkan saat akhir pekan saat Ayah libur berkerja. Karena membuatnya cukup repot, terutama alat yang banyak dipakai. Rasanya ingin memiliki Philips Avent cooker pembuat makanan bayi sehat 2-in-1 yang bisa mengukus dan menghaluskan dalam satu wadah. Masak menjadi lebih praktis dan higienis.






Mendapat kabar gembira dari The urban mama mengenai kompetisi blog dengan tema solusi kebutuhan nutrisi anak bersama Philips Avent, bunda Ayu tidak menyia-nyiakan kesematan buat memiliki alat pembuat makanan bayi yang sehat dan bergizi. Philips Avent pembuat makanan bayi sehat 2 –in-1 ini mampu mengukus dan menghaluskan makanan dalam satu wadah . tingkat kehalusan bisa di atur mulai dari bentuk pure samai agak kasar. Dan yang paling bikin bunda kepingin punya Philips Avent pembuat makanan bayi sehat 2 –in-1 adalah keringkesan tepat penyimpanan karena dapat disimpan dimana saja tanpa memakan banyak tempat. Satu lagi nih yang paling juara, alat ini dirancang agar mudah dan praktis digunakan, serta hanya sedikit bagian yang harus dicuci setalah pemakaian . Terakhir, keunggulan alat ini terletak pada kemanan yang ditawarkan pada penggunana, Philips Avent pembuat makanan bayi sehat 2 –in-1 memiliki meknisme bunyi bip untuk memeberitahu  kalau makanan sudah matang sempurna, dan alat ini bisa mati secara otomatis jika air untuk mengukus habis. 


Semoga menjadi rezeki kamu ya Fat, bisa memiliki Philips Avent pembuat makanan bayi sehat 2 –in-1. Kan kalau ada alat ini bunda bisa bikinin fatih bakso. Bikin bakso yang banyak, terus masukin freezer, nah pas kamu mau makan baksonya tinggal bunda taruh di steamer Philips Avent pembuat makanan bayi sehat 2 –in-1 supaya hangat. Kamu bisa sehat dan terhindar dari anemia devisiensi besi karena rajin mengkonsumi daging.

Ada Info menarik nih dari Avent sahabat Bunda, ada kontes apresiasi cinta bunda dari Philips avent yaitu kejutan meriah dengan potongan harga langsung disetiap pembeliah produk Philips Avent dan ketentuan lomba #apresiasicintabunda silahkan kunjungi http://www. Philips.co.id/ACB.


Sekian dulu Cerita hari ini, sampai bertemu di blog post berikutnya, Wassalamualaikum.


Referensi:
Rapey G, Murkett T.2008.Baby-led Weaning Membantu bayi Anda Menyukai Makanan yang Tepat.Jakarta: Elex Media Komputindo

#TUMBloggerCompetition
#AventSahabatBunda

Komentar

Vindyapril mengatakan…
Wahhhh kayanya oke banget alat ini. Bisa bikin MPASI yg sehat api mudah dibuatnya.. trims infonya mba

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Prosedur Pemberian Obat supositoria