Cirebon Babwearers


Background
Menjadi orang tua adalah karunia dan anugerah yang terindah. Dipercaya oleh Tuhan membesarkan seorang manusia adalah amanah yang berat namun penuh kebahagiaan. Bayi sangat bergantung kepada orang tua dan pengasuhanya untuk mendapatkan rasa percaya, aman, dan nyaman. Bonding antara orang tua dengan anak menjadi kunci awal yang membuka proses tumbuh kembang secara sempurna. Dengannya anak akan menjadi pribadi yang percaya diri dan bahagia, dengannya orang tua dan anak mampu menyelaraskan rasa sehingga terbentuk pola harmoni pengasuhan yang saling mendukung. Salah satu cara yang ampuh dalam membentuk kedekatan dan kelengketan adalah dengan menggendong bayi dari sejak kelahirannya. Karena sering dan pentingnya aktivitas menggendong ini maka menggendong tidak bisa dipandang sebelah mata. Dalam praktiknya, apabila dilakukan tanpa mengetahui dasar dan prinsip menggendong yang benar maka akan terasa menyakitkan baik bagi yang menggendong maupun yang digendong. Dari realitas tersebut maka muncullah ilmu yang mengembangkan tehnik menggendong yang aman, nyaman dan optimal. Berangkat dari kesadaran tentang pentingnya ilmu menggendong tersebut maka disini Cirebon  babywearers hadir sebagai komunitas yang memberikan edukasi dan wadah berkumpul bagi orang tua yang ingin belajar dan mempraktekkan cara menggendong yang aman, nyaman, dan optimal.

About Us
Cirebon Babywearers dibentuk pada tanggal 9 September 2017 oleh Foundernya yaitu Mba Ria Iramaya dengan tujuan membuat wadah bagi orang tua di Cirebon yang ingin mengetahui dan mempraktekkan aktifitas menggendong ergonomis yang aman dan nyaman. Selanjutnya dibuatlah Whatsapp Group sebagai wadah interaksi dan silaturahmi para anggotanya. Kepengurusan perintis terdiri dari Ika sebagai ketua, Ghea wakil ketua, Tita sebagai sekretaris dan admin media sosial, Fitrah sebagai bendahara, dan Marlina sebagai admin library.
Vision
Menjadi komunitas menggendong terpercaya yang menyebarkan kesadaran menggendong yang aman, nyaman, dan optimal kepada masyarakat kota Cirebon
Mision
1.    Menjadi Supporting Group yang nyaman bagi Anggotanya ditandai dengan rendahnya angka left group, terpenuhinya jumlah minimal peserta setiap kopdar, dan kuatnya budaya manajemen konflik yang efektif
2.       Menggalakkan  edukasi ‘Say No to Fake carrier’
3.       Menyebarluaskan pemahaman menggendong yang TICKS
4.      Menjalin kerjasama yang baik dengan stockholder dunia pergendongan di Indonesia seperti  Indonesian Babywearers, pengrajin gendongan yang memenuhi syarat TICKS, dll
5.       Menjadi komunitas rujukan dalam hal edukasi pergendongan bayi di kota Cirebon
What We Offer
1.       Support group system
Menjalankan peran sebagai orang tua terutama ibu merupakan tantangan yang terus menerus mengkondisikan ibu dalam situasi siap dan siaga dalam memenuhi tuntutan tumbuh kembang sang buah hati. Dalam kondisi tertentu ada kalanya menemui jalan yang sulit dan penuh Tanya. Cirebon babywearers bisa menjadi tempat untuk berbagi antar member dalam menyelesaikan masalah parenting. Keragaman latar belakang anggotanya akan memberikan banyak masukan yang bisa dicoba dan diadopsi.
2.       Ilmu menggendong
Cirebon Babywearers memiliki banyak anggota yang dapat dikategorikan sebagai everyday expert dalam bidang menggendong. Beruntung kami Cirebon Babywearers juga memiliki hubungan baik dengan baby Wearing consultant dan certified baby wearing educator. Wadah transfer ilmu menggendong biasanya dilakukan dalam proses kelas seminar, kelas praktik, dan person per person teaching.
3.       Ilmu parenting
Memiliki member yang rata-rata mempunyai anak usia 0-5 tahun, membuat anggota Cirebon babywearers memiliki kesamaan fase dalam tumbuh kembang anak. Sehingga secara alamiah ada proses berbagi ilmu pengetahuan mengenai pengasuhan anak antara satu member dengan member yang lain. Cirebon babywearers mengutamakan ilmu parenting terkini dengan evidence based yang mampu dipertanggungjawabkan. Untuk memfasilitasi hal tersebut, Cirebon Babywearers juga rutin dalam membuat kuliah whatsapp dari pakar.
4.       Give a way
Didukung oleh pengrajin lokal gendongan yang memenuhi standard kemanan, kenyamanan, dan ergonomis, Cirebon Babywearers sering memberikan hadiah menarik kepada para member. Hadiah biasanya diberkan pada acara-acara rutin maupun insidentil seperti saat kopdar, mini kopdar, kuis media social, atau kuliah whatsapp.

Why Choose Us
Cirebon babywearers adalah komunitas yang dinamis dan terus berkembang. Sehingga mampu menjadi komunitas yang dipercaya mampu menyebarkan kesadaran menggendong yang aman,nyaman, dan optimal. Hal tersebut dibuktikan dengan jumlah anggota pada akhir tahun 2018. Anggota di apilkasi whatsapp mencapai 180 partisipasi. Saat dilakukan kopi darat rata-rata anggota hadir mencapai angka 20-50 orang. Adapun follower media social Cirebon babywearers di Intagram mencapai 1000 lebih. Fanpage Cirebon Babywearers telah disukai sebanyak 208 orang pengguna facebook.
  
Experience
Diusianya yang menginjak satu tahun, Cirebon Babywearers telah melaksanakan bermacam kegiatan, antara lain Diskusi Whatsapp group, kopi darat, kopi darat mini, seminar menggendong, serta kuliah Whatsapp. Diskusi whatsaap dilakukan sepanjang hari di aplikasi whatsapp, tema yang dibahas adalah seputar parenting seperti ASI, MPASI, Vaksinasi, Produk perawatan bayi, bayi Sakit, kegawat-daruratan pada bayi dan anak, kehamilan, kontrasepsi, masalah kesehatan ibu, resep sehat, dan berbagai topic ringan lainnya. Kopdar atau kopi darat dilakukan secara berkala yaitu dua bulan sekali, adapun dalam kopi darat selalu ada sesi kuliah dan praktik menggendong dengan tema yang berbeda-beda. Tema yang diangkat seperti optimalisasi soft structure carrier, jarik sampul jankar, onbuhimo, no sew ringsling. Sampai saat ini telah dilaksanakan kopi darat sebanyak 6 kali. Kopi darat mini adalah kegiatan pertemuan yang lebih rIngan, biasanya bertujuan untuk mengikat tali silaturahmi. Kegiatan yang dilakukan saat kopi darat mini antara lain makan bersama, games, sesi sharing, pekenalan member, saling meminjam gendongan antar member, berjualan produk, dan lain-lain. Berangkat dari diskusi keseharian para anggota di Whasapp group, maka akan dipilih tema popular untuk menjadi judul kulaih whatsapp. Admin akan menghadirkan pakar dari tema terbut untuk memberikan kuiah di whatsapp group.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Bapakku