Lempah kuning-nya Mira karina

Kemarin sore ada telpon dari Pulau Bangka

Mira karina, teman IELSP cohort x Arizona State University. senang sekali bisa mendengar lagi suara Mira dengan logat melayunya yang kental, kita ngobrol lagi pake bahasa Inggris alay(Bahasa Inggrisnya anak remaja Amerika yang sering banget ngulang-nglang kata "I don't know","That was","so", etc.) seru banget, banget!
jadi ingat waktu pertama ketemu sama Mira, dia pendiam dan aga tegang, hehe, saat kita berkunjung ke @america di Pacifc Place tiba-tiba dia menghampiri sambil tanya "Kamu tarbiyah ya?" hemmm jawab aja kaya OVJ "kok tau!", terus dia bales "ia, keliatan dari kerudungnya" mulailah obrolan terasa dekat dan akrab, Dari Mira aku baru tau kalo ada yang namanya mantan tarbiyah, karena Mira salah satunya, kenapa? karena Murrobiyahnya sibuk katanya:(
Pengalaman tak terlupakan bareng Mira Karina adalah saat kita menginap di rumah Host-Familynya Mira  di sekitaran hemmm mana ya, mungkin phionix. setelah dengan sukses menyelenggarakan Indonesian Day, aku,dwi dan Ilif diajak menginap di rumah host-famnya mira karena host famnya lagi liburan ke Mexsico, Mira akan ditinggal 3 hari sendiri, lalu Mira izin untuk mengajak kami sleep over di rumahnya.
aku, mira, Ilif, dan dwi erna menginap di rumah besar yang terletak jauh didalam komplek, sampe cape jalannya, kebetulan waktu itu sudah gelap, dan karakteristik komplek di US itu akan gelap sekali, karena mereka tidak memakai lampu penerang jalan yang banyak dan terang benderang, palingan setiap rumah pasang lampu sesnsor yang baru akan menyala kalo ada orang lewat, yah jadilah kami bahan gong-gongan anjing sepanjang jalan kaki ke dalem kompleksnya rumah Mira.
Sampai disana, kita langsung pesta ikan,kenapa?karena Mira yang berasal dari Pulau Bangka itu suka banget sama ikan segar, tapi nggak ada satupun di rumahnya yang suka sama ikan, dan Mirapun dibelikan banyak sekali ikan beku yang disimpan rapih berjajar di dalam kulkas, maka dengan senag hati kami siap melahap ikan-ikan itu:) dan kamupun membuat ikan bakar, seperti biasa, karena sankin bosennya sama makanan US yang hambar, maka, saat ketemu kananan berbau Indonesia-seenggak enak apapun itu, rasanya jadi luar biasa, hehehe
hari kedua Mira bikinin kami makanan khas bangka namanya lempah kuning, berikut ini resepnya:

Bahan:
-Ikan (kamta Mira sih ikan apa aja: recommended sama ikan bandeng)
-1/2 buah nanas
- kunyit (mira beli di Vietnam store, sebungkus kunyit harganya sebanding 20.000 IDR)
- Bumbu dasar: bawang merah dan bawang putih (karena tidak menemukan bahan segar, walhasil waktu itu kita pakai bumbu sayur lodeh instan yang mira bawa dari Indonesia)
-garam
-gula
-Merica
-cabai

Cara masak:
- tumis bumbu instan sampai tercium harum
- masukan bumbu
- Tambahkan air
- masukan ikan
- asukan buah nanas yang sudah diirus cantik
- mask sampai ikan 100% masak
- siap di hidangkan

----------itu bahan yang kita pakai-waktu itu
-kalo lengkapnya sih kita bisa tambah daun sereh, salam, terasi, dll

aku sama ilif kurang tau juga sama makanan ini, so kita serahkan saja pada uang mpunya resep, tidak berapa lama lempah kuning sipa disajikan, dan saat merasakan kuahnya
OMG!!!! meledak dimulut, rasa asam manis alami dari buah nanas, rasa gurih dari kaldu ikan, sedikit pedas dari cabai, saat itu bersatu di mulut, WOW! semua memori tentang indonesiapun tergambar di layar tancep otak, UENAKKKKKK banget!

beberapa bulan setelah pulang, karena sangkin unaknya lempah kuning waktu itu, ayu bikin sendiri di Indonesia, haduh rasanya kacau, nggak seenak buatan orang asli Bangka.

oh ia, sebelum pulang, kita sempatkan melakukan katarsis dengan lompat-lompat di trampolyyyy, seruuu banget, balik lagi jadi bocah

Thanks ya Mira karina, pokoknya tunggu aku yah di pulau bangka, kepingin banget main-main ke pulau balitung yang tempat laskar pelang itu, ntar ah pas punya duit, InsyaAllah kalo Allah mengizinkan:)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Kontrol Hamil ke Puskesmas