Miokardiak Infrak (MI) a.k.a Serangan Jantung

Miokardiak infrak atau yang sering dikenal sebagai serangan jantung dalah masalah kesehatan yang harus tepat dan disiplin dalam majamen waktu penanganan. semakin cepat penanganan semakin sedikit bagian otot jantung yang rusak atau tidak berfungsi. jika masalah ini tidak ditangani cepat, maka akan terjadi blokade aliran darah di arteri koronari-pembuluh darah yang mensuplay oksigen dan nutrien ke sel-sel jantung-menyebabkan iskemia dan necrosis pada miokardium. banyak kasus berujung pada kematian akibat keterlambatan pemberian pertolongan pertama pada masalah ini, disritmia dan fibrilasi jantung adalah penyebab kematian mendadak.

Miokardiak infrak dikategorikan sesuai dengan:
1. jenis nyeri dada--nyeri yang konstan, tidak dapat diatasi/ dikurangi dengan nitrogliserin atau istirahat
2. Perubahan elektrocardograph (EKG)
3. enzim jantung (CK, SGOT, LDH)

Atherosclerosis arteri sering menyertai miokadiakinfrak, Atherosclerosis adalah lemak yang melekat secara adhesif di dinding paling dalam pembuluh darah. pertumbuhan terus menerus plak lemak ini dapat menyebabkan hemoragi pada lapisan pembuluh darah paling dalam. hal ini dapat meyebabkan menurunnya pasokan darah pada arteri koroner, atau terjadi agregasi platelet yang menurunkan perfusi koroner.

Miokardiak infrak biasanya termasuk kerusakan pada ventrikel kiri, bisa menyebar ke ventriker kiri atau ke atrial. kerusakan pada ventrikel kanan jantung karena adanya tekanan tinggi pada saat pengisian darah dalam ventrikel dan selanjutnya akan terjadi kondisi regurgitasi trikuspid. transmural Infraksion (kerusakan miokardium pada seluruh lapisan) ditandain dengan gelombang Q yang tidak normal, nontransmural infraktion ditandai dengan perubahan pada gelombang S-T atau T. kerusakan pada bagian dalam miokardium menyebabkan kerusakan sirkulasi yang sangat fatal.

faktor yang mempengaruhi Miokardial Infaktion antara lain:
1. Hereditas
2. Usia
3. Gender
4. penyakit hipertensi
5. mengidap Diabetes Melitus
6. merokok
7. hiperlipidemia
8. obesitas
9. kurang lah raga
10. Stress

Tujuan utama dalam treat men Miokardial infraktion adalah untuk meningkatkan aliran darah ke arteri koronari dan menghambt ukuran area otot jantung yang mengalami infraksi. meningkatkan suplay oksigen , dan memperbaiki kondisi disritmia.


Sumber: Comer, S. 1998.Critical care nursing care plan. New york: Dalmar

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Prosedur Pemberian Obat supositoria