perawatan luka a.k.a. wound care

Ok well,,,visi gw untuk blog ini adalah agar bisa berguna bagi mahasiswa keperawatan, terutama mereka yang harus bikin LP atau dalam persiapan ujian lisan sama dosen killer, you have to read more, huh!

Sekarang kita akan membahas luka, karena salah satu skill perawat adalah wound care atau perawatan luka, maka mari pahami luka dari dasarnya. apa sih yang harus dipahami pertama, berikut ini Question and Answer ttg luka yang ditranslasi dari buka Wound care-A hand book for cimmunity nurses karya Joy Rainey (Tissue Viability Nurse), Chack This out:

Q: Apa fungsi yang dimiliki oleh kulit?

kulit adalah organ terbesar di dalam tubuh manusia. kulit membungkus tubuh seluas 2 M persegi dengan berat 3 kilogram. kulit memiliki beberapa fugsi, antara lain:
  • Mengatur temperatur tubuh
  • Melindungi tubuh dari bakteri, dehidrasi, radiasi ultraviolet, dan gangguan fisik
  • merupakan tempat dari ujung syaraf yang menerima rangsangan panas atau sensasi tajam
  • membantu tubuh memaksimalkan Vitamin D dari sinar matahari. 
Q: Apa yang terjadi saat kontinuitas kulit terganggu atau rusak?

sekali kulit terkoyak, maka fungsi yang pertama kali terganggu adalah fungsi proteksi tubuh dari bakteria. semakin luas area yang rusak, maka resiko kontaminasi bakteri semakin besar. bakteri dan mikroorganisme lainnya mampu masuk ke jaringan lebih dalam sehingga menyebabkan infeksi. Cairan (Let's say, blood) dapat keluar dari tubuh, dan hal ini dapat mengancam nyawa. 

Q: Bagaimana kulit tersusun?

Kulit tersusun atas dua lapisan: lapisan luar--> Epidermis dan lapisan dalam--> Dermis. Dermis terdiri atas folikel rambut, kelenjar subkutan (lemak), Kelenjar keringat. dibawah dermis terdapat laposan subkutan, yaitu lapisan lemak yang berisi syaraf, pembuluh darah, dan limphatik. 

Q: Bisakah hanya dengan melihat luka, saya mengetahui lapisan mana yang rusak?

Luka superfisial hanya merusak bagian epidermis. luka Parsial-thickness jika bagian dermis terkena, maka akan ditandai dengan warna kemerahan (more pink-ish, I think, or pink pale). sedangkan luka full-Thickness bisa mencapai lapisan subkutan, jaringan otot, dan tulang, luka full biasanya terlihat area lapisan kekuningan, terliat merah jaringan otot, terlihat tendon, atau tulang.

Q: Apa sih definisi dari luka?

 Luka adalah kerusakan yang terjadi pada lapisan kulit sebagai hasil dari sel yang mati atau rusak.



So far segini dulu ya Q-A nya dari perawatan luka, hope you understand:) 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Prosedur Pemberian Obat supositoria