Mengikuti Kelas Hypnobirthing

Bismillah

Assalamualikum, Alhamdulillah hari ini diusia kehamilan 37 minggu 3 hari. Menikmati masa terminasi sang bayi ada dalam tuhuhku, bersatu dengan ku, jadi bagianku, sebelum sebentar lagi dia menjadi manusia yg terpisah dariku.

Yang beda di kehamilan ke dua dengan yang pertama adalah persiapan yg lebih matang. Tidak ingin kecolongan lagi seperti kelahiran pertama yg Alhamdulilah terjadi dalam tempo yg sesingkat singkatnya sehingga Ayah Eky tidak bisa menemani kelahiran, maka sekarang kami mempersiapkan kelahiran dengan belajar bersama di kelas Hypnobirthing

Jadi ceritanya kan punya kawan deket banget dari jaman gadis, beliau bernama Nisa Nur Fitriani, kakak kelas SMA dan teman satu lingkaran pengajian. Nah beliau mengikuti pelatihan Hypnobirthing yg diadakan oleh Pencentus hypnobirthing Indonesia yaitu Ibu Lenny Koeswadi. Sejak tau beliau punya sertifikat itu, dalam hati dah niat bgt, pokoknya kalo hamil ke dua mau ambil kelas private hypnobirthing sama Teh Nisa.

Dan sejak memulai kehamilan ke dua, Teh Nisa selalu menjadi bidan konsulan Ayu, pokoknya kalo ada apa2, mau tanya apa2 terkait kehamilan, Ayu pasti hubungi Teh Nisa. Sampai sudah booking mau ambil kelas sejak kehamilan 24 minggu.

Alhamdulillah doa terkabul, disela rutinitas Teh Nisa sebagai bidan RSUD Kota Bogor, akhirnya diusia 34 minggu kita bisa melaksanakan private Class Hypnobirthing by Almahyra Birthing Center. Kelas private berarti kelas yg hanya berdua, cuma Ayu dan Bang Eky. Alhamdulillah bang eky juga exicing banget ikut kelas ini, dia yg panikan punya tekad yg sangat kuat buat bisa mendampingi isterinya bersalin secara normal, spontan, aman, nyaman, ramah jiwa dan minim trauma.

Apa Aja sih yg dilakukan di private class hypnobirthing by Almahyra birthing center ini? Yuk ahh cek this out:

1. Ada anamnese atau pengkajian awal
Diawali dengan pengisian form data diri dan pengecekan lavel stress, lalu kita di dikaji juga riwayat kehamilan sebelumnya serta pejalanan pemeriksaan kehamilan saat ini menggunakan buku pink KIA dan hasil USG Obgyn.
Nah disini juga kita diulik mengenai kondisi trauma persalainan yg mungkin terjadi, kecenderungan sumber stress dan kecenderungan cara kita mengatasi stress.

3. Presentasi "apa itu Hypnobirthing"
Dijelaskan secara detail mengenai seluk beluk hypnobirthing melalui slide, membuat saya dan suami punya pemahaman yang sama dan referensi yg valid, pemaparan detail dan sesi diskusi yg santai tapi serius membuat kami semakin exciting mempraktekan tehnik yg ramah jiwa ini

4. Antenatal Care
ANC standard dimulai dengan cek tekanan darah, cek letak janin, ukur fundus uteri, mendengarkan jantung bayi dengan doppler

6. Sesi single hypno birthing buat bumil
Nahhhhhhh ini keren bgt nih sesi, jadi ten Nisa bawa pendulum gitu kaya Romy Ravael, terus kita dibawanya masuk ke gelombng Alpha, gelombang bawah sadar, gelombang kantuk yg bikin relax, dan kita di afirmasi dengan mantra-mantra persalinan yg sehat, alami, dan penuh keberkahan. Selanjutnya kita dibawa untuk memaafkan kesalahan, kealfaan, teauma, luka, kebencian, kemarahan, rasa bersalah, dan toksic2 yg betkarat di jiwa. Efekny gimana? Nangis seguk segukan, nangis sampai terasa ada tumpahan luapan emosi yang dalam dan terkubur dalam di alam bawah sadar sana. Memberikan rasa ringan dan maaf bagi diri sendiri, maaf bagi keadaan tidak nyaman yang pernah terjadi, hapusan untuk trauma yg masih menganga....katarsis emosional yg membuat beban berat psikologis itu di buang dalam jumlah besar dalam satu waktu, dan yang rasa pada akhirnya hanya rasa ringan dan tenang

8. Sesi couple hypnobirthing
Dengan posisi berpelukan berhadapan, Ayah pegang perut bunda. Kita berdua di sugestikan agar mampu berkomunikasi dengan si jabang bayi yang memiliki kecerdasan sejak dalam kandung. Ia mampu mendengar bahkan mengikuti harapan2 yg di dilontarkan kedua orang tuanya. Kami bertiga dibuatnya terkoneksi satu sama lain. Kami di buatnya satu frekuensi sehingga mampu menagkap signal signal alami. Kami diubahnya menjadi tim yang solid yang siap menyambut buah hati ke dunia dengan penuh rasa syukur dan bahagia

10. Latihan tehnik menikmati gelombang cinta
Nah di sesi ini si suami diajarkan menjadi doula atau pendamping persalinan yg andal bagi si Isteri dan buah hati. Ada beberapa tehnik pengurangan rasa ketidaknyamanan saat gelombang cinta datang. Shake the apple, rebozzo, couple dance, pijat endorphine, main gymball, yoga, open the hip, dll...pokoknya semua jurus buat meringankan rasa gelombang cinta yg meraja, supaya nggak mati gaya.



11. Pembuatan birth plan
Rencana persalinan dibuat secara detail dan dirangkai dalm kalimat efektif dan positif yg menjadi pegangan saat menjalani masa kehamilan, melahirkan, dan post partum. Kami dipandu untuk menuangkan segala keinginan dan harapan ke dalam tulian. Daftar2 birth plan lalu disarankan untuk di tempel dan di jalankan sesuai dengan kesanggupan.

13. Penutupan
Lalu penutupan diakhiri dengan makan2 kudapn khas Aceh dan palembang yg disponsori oleh Nenek Yasmin

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Bapakku