Serba Serbi REMAJA dan MENSTRUASI

REMAJA
merupakan masa peralihan dari masa anak-anak ke dewasa. awal dari masa pubertas sampai masa kematangan. rentang usia remaja berbeda-beda sesuai dengan sumbernya. menurut WHO remaja adalah manusia dalam rentang usia 12-24 tahun. Departemen Kesehatan RI mendefinisikan remaja sebagai manusia dengan rentang usia 10-19 tahun dan sebelum menikah, sedangkan BKKBN 10-21 tahun.

ADA APA DENGAN REMAJA?
Remaja mengalami perkembangan empat dimansi dalam dirinya. perkembangnnya mencakup perkembangan fisik, intelektual, emosional, dan seksualitas. 

  • perkembangan fisik pada remaja adalah hal yang alamiah. proses alamiah tersebut biasanya termanifestasi dalam beberapa hal yang bisa dirasakan dan diamati. yaitu wajah berminyak dan mudah tumbuh jerawat, pada wanita payudara membesar pun panggul, mulai tumbuh bulu-bulu halus, dan terjadinya perkembangan alat reproduksi yang secara singkat dapat disimpulkan bahwa remaja sudah mampu bereproduksi.
  • perkembangan Intelekstual pada remaja dijabarkan oleh psikolog Jean Piaget sebagai awal dari tahap pikiran formal oprasional, pemikiran yang menggunakan logika deduksi, mulai mampu menyelesaikan masalah yang cukup kompleks yang merupakan hasil dari akumulasi pendidikan sebelumnya
  • Perkembangan emosional Menurut Stanley Hall bahwa remaja adalah masa stress emosional yang timbul dari perubahan fisik yang cepat dan luas pada masa pubertas. Erik Erikson memandangan emosional sebagai proses psikososial yang terjadi seumur hidup. tugas perkembangan remaja antara lain tumbuh dari individu yang bergantung menjadi individu mandiri, dengan identitasnya memungkinkan remaja untuk berhubungan secara dewasa dengan lingkungan sosialnya, 
  • Perkembangan seksualitas pada remaja ditandai oleh dua hal. bagi remaja laki-laki akan terjadi mimpi basah, sedangkan pada remaja perempuan Manarche atau haid untuk pertama kalinya.
BAGAIMANA TERJADINYA MENSTUASI atau HAID?
Organ Reproduksi Wanita

Tahap Menstruasi:
Setiap bulan satu terlur yang matang akan dilepaskan dari indung telur, lalu telur yang matang akan ditangkap oleh benang-bengang fimbrae atau tangan tuba falopii.
telur akan bergerak masuk menyelusuri tuba falopii menuju dinding rahim. sementara dinding rahim mulai menebal mempersiapkan tempat yang kuat untuk bertahannya janin jika terjadi kehamilan (saat sperm bertemu telur)
Karena tidak ada pembuahan, maka telur akan mati. kemudian telur yang mati dan penebalan yang terjadi pada dinding rahim akan meluruh. seluruhnya keluar dalam bentuk darah berwarna merah berbau amis, dan peristiwa ini disebut MENSTRUASI atau HAID.

KAPAN dan BAGAIMANA GEJALA MENSTRUASI TERJADI?
menstruasi datang setiap satu bulan sekali atau dua sampai tiga bulan sekali. Lamanya setiap periode adalah tiga sampai tujuh hari sekali. gejala yang mungkin datang saat periode haid yaitu pusing, mual, pinggang sakit, perut mulas, mudah tersinggung, Payudara terasa lebih lunak dan nyeri saat disentuh, badan terasa lebih gemuk.

SUMBER:
Budiarti, T. (2011). Kesehatan Reproduksi Remaja. Fakultas Ilmu Keperawata: Universitas Indonesia

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Kontrol Hamil ke Puskesmas