Ada apa dengan 2008?

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelum Ramadhan kemarin, saya beberapa kali balik bulak ke Kampus, bukan mau kuliah, ngereimburse uang exchange atau cari kerja magang di PKM UI, bukan bukan. kemarin itu saya ikutan teman-teman angkatan 2008 untuk #saveProfesi08. semacam aksi damai beberapa fakultas keprofesian kaya FKG n FIK. kenapa ada aksi ini, karena harga pendidikan profesi yang setiap tahunnya selalu meningkat, meningkatnya nggak tanggung-tanggung. Pola yang kejadian di FIK sendiri kaya gini, di tahun 2005 ke 2006 bea profesi hanya 7,5 juta, dari 2006 ke 2007 jadinya 15 Juta, nah dari 2007 ke 2008 ini jadinya 18 juta, Ckckckck banget kan!

nah dengan kenaikan yang lumaya tiap tahunnya, saya merasa terancam, bagaimana yah dengan bea profesi tahun 2009, semoga ada penurunan atau saya bisa dapet beasiswa yang mengcover semua costnya, amin

oh ia, ditambah lagi, sejak 2008 ini SKS profesi ditambah menjadi 36 SKS dari sebelumnya 25 SKS, wal hasil Profesi yang tadinya dari hari senin sampai jumat, mulai tahun 2012 ini akan sampai hari sabtu. oh nooooooo, bayangkan lah, dalam 7 hari, profesi akan mengalihkan duniamu selama 6 hari, hemmm harus banyak belajar bagi waktu.

melihat perubahan-perubahan yang terjadi selalu di angkatan 2008, saya jadi berpikir ke belakang. kalu di hitung-hitung, banyak sekali istilah "percobaan" yang angkatan kami rasakan, dari dulu bahkan, dari sejak SMP samapi kuliah, ada apa dengan 2008?

Waktu SMP, saya bersyukur jadi kelinci percobaan pertama sistem tes masuk siswa SMP, karena kalau tidak seperti itu, mungkin saya nggak bisa masuk SMP 1 Bogor. karena, kalau masih pake sistem NEM, hemmm nem saya nggak mencukupi untu di terima di SMP tersohor di kota Bogor itu.

Saat SMA, saya sedikit kesal menjadi kelinci percobaan ke-dua-kalinya sistem pendidikan yang carut marut, di tahun 2008 adalah tahun diberlakukannya ujian nasional mengikutsertakan mata ajar Biologi, Fisika, n Kimia untuk IPA selain dari B. Inggris. Matematika, dan B. Indonesia, wal hasil saat itu ujian nasional jadi momok mengerikan bagi seluruh sekolah di Indonesia. tidak terkecuali SMA termahsyur di Kota bogor Ini, terjadi praktik kecurangan siswa di mana-mana, dan mereka yang mengandalkan kertas kecil digulung-gulung nilai UN IPAnya bisa 8 atau 9, oh tidak! segelintir kecil yang menghindari kecurangan mendapat nilai 6, namun semuanya dia tutup damai dan penuh rasa syukur saat kepala sekolah mengumumkan bahwa seluruh siswa dinyatakan lulus, Alhamdulillah bisa kuliah juga

Saat kuliah, saya kembali bersyukur menjadi kelinci percobaan sistem saringan mahasiswa baru UMB atau ujian masuk bersama lima universitas di Indonesia. didalamnya termasuk UI waktu itu. Alhamdulillah saya masuk UI lewat jalur UMB, dan you know what? UMB itu cuma diikuti oleh UI dua tahun saja, selanjutnya UI hanya menerima Mahasiswa melalui 3 jalur saja, Undangan, SIMAk, dan SNMPTN. Alhamdulillah lewat sistem tersebut saya punya jaket kuning sekarang. 
setelah masuk kuliah-pun, kembali kami menjadi kelinci percobaan sistem KBK di FIK, dengan pola Student center learner, yang tiap minggu bergantian focus group discussoin, home group discussion, and presentation. percobaan percobaan percobaan!

Nah saat profesi, angkatan 2008 kembali menjadi kelinci percobaan 36 SKS, entahlah apa jadinya, semoga Andingnya alhamdulillah lagi, tapi saya harus mengundurkan diri dari 2008 sekarang, coz saya jadinya angkatan 2009. good luck ya guys, semoga dengan percobaan-percobaan yang kita rasain sebelumnya, itu bisa menguatkan kita untuk menjadi orang sukses kedepannya.

untuk saya pribadi, saat ini taglinenya adalah: dilahirkan bersama 2007, dibesarkaan bersama 2008, dan lulus bersama 2009! yeeeeeyyyyy!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Kontrol Hamil ke Puskesmas