IELSP-Mengisi Alikasi

Assalamualaikum Wr Wr

pengalaman mengisi Aplikasi beasiswa paling lama yang pernah dialami, yaitu aplikasi IELSP. dari awal mengundul fomulir sampai mengirimkannya via pos itu kurang lebih membutuhkan waktu satu bulan setengah, wow!!

setelah diunduh di, ya dibaca heheh
bulak-balik-bulak-balik aga lieur juga, udah gitu bahasa Inggris semua, sementara tugas-tugas kuliah banyak, maka solusi menundapun datang, "ntar aja deh", just close the tab, and open it in your sparetime!!! kata si ayu yang males

seminggu kemudian baru buka lagi aplikasinya,,,males lagi
tapi gawat nih kalo begini terus, harus gerak, ayo semangat, ayo semangat, yah udah pilih pekerjaan yang paling mudah, cari dosen untuk mereferensikan. siapa yah???
cari dosen yang baik dan kooperatif ah, tanpa pikir dua kali, Ibu Dessie jadi pilihan, my favorite lecturer, ibu desipun menyanggupi, Alhamdulillah

"Ayu, menurut kamu kelebihan dan kekurangan kamu apa?" kata ibu desi
"kelebihan sayaa adalah mampu berbicara didepan umun, dapat menjadi pemimpin dalam kelompok, perhatian kepada teman,dll,,,kekurangan saya adalah moody, tidak rapih pada hal yang detail"
formulir IELSP itu ada beberapa bagian, yaitu:
1. Document checlist -- nah dibagian ini ada sekitar 11 dokumen yang harus disiapkan, antara lain formulir aplikasi yang diunduh dari IIEF.or.id, pas foto ukuran 4x6, Toefl ITP, surat aktif kuliah, DNS semua smester, ijazah sma legalisir, nilai ujian SMA, surat rekomendasi dosen, dan KTP. tambahannya adalah sertifikat kegiatan yang kita ikutin, sama kopi dari artikel yang pernah kita telurkan.
2. Personal data -- disini kita bakal ditanya tentang data diri such as nama, alamat, kesehatan. isi yang jelas, jangan lupa isi NONE kalo kota memang nggak punya apa yang ditanya
3. Family Data -- disini kita bakal ditanya mengenai ayah, ibu dan saudara kita, nah kita uga harus membuat sebuah essay mengenai keluarga kita, be honest , jangan dikurang-kurangi, jangan ditambah tambahin.
4. Educational information -- kalo disini kita ditanya tentang universitas kita, nilai toefl, nilai kuliah, dan daftar sedeter aktivitas kursus dan training yang pernah kita ikuti. jangan lupa melampirkan bukti konkretnya, sertifikat!
nah disini juga kita harus membuat essay tentang alasan kenapa kita ngeapply beasiswa ini, pastikan kita punya alasan yang strategis untuk diaplikasikan kedepannya saat kita terpilih, jangan sungkan untuk menyatakan bahwa,,,bahwa kita kesulitan dalam berbahasa Inggris, hahahaha
dibagian 4 nggak cuma satu essay, ada lagi, ini tentang isu/ masalah yang sedang dihadapi oleh indonesia menurut pemahaman kita, dan peran apa yang dapat kita mainnkan untuk being a part of solution dari masalah tersebut.
essay ketiga mengenai harapan dan cita-cita masadepan kita, mau jadi apa dan dibawa kemana diri kita, mau ngapaian saat aktualisasi diri kelak tercapai?

bagian terakhir tinggal isi beberapa pertanyaan singkat dan tanda tangan, formulirpun siap dibungkus pake karet dua, hahaha Rujak kalee!!!

oh ia, pengalaman seru nih, di aplikasi tertulis "All complited aplication form must be received bt IIEF no letter tan november 18, 2011"

ok, dan pemahaman gw sangat riskan!

temen bilang kalo semua berkas harus ada di alamat yang dituju tanggal 18 november, tapi pemahaman ayu adalah cap pos tanggal 18 novemver, itu juga yang dikatakan oleh alumni tahun lalu.

Menurutmu?

Komentar

Ryan Ledo mengatakan…
Kak; mau nanya. Sertifikat pendukung harus diterjemahkan ke bah inggris atau tidak , makasi ka

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Kontrol Hamil ke Puskesmas