JAT

Assalamualaikum...
Hari ke dua kuliah, semangat baru untuk mengejar target yang telah ditentukan! semangat buat semuanya.

hanya ingin bercerita tentang pengalaman teranyar.
baru-baru ini tepatnya hari senin tanggal 25 Januari 2010 saya dan teman2 BEM UI melaksanakan proker terakhir, yaitu jalan-jalan akhir tahuan (JAT)-yang dilaksanakan diawal tahun 2010-di pulau pramuka, kepulauan seribu. 

persiapannya udah jauh-jauh hari dipersiapkan secara matang olah anak-anak kaderan PSDM BEM UI 2009, yaitu teman-teman BWB plus Abay selaku PO. jujur kontribusi Ayu diacara ini minim banget, padahal mem-PJ-i bidang yang sangat penting-konsumsi!

semakin mendekati hari-H semakin semangat rasanya, maklum Ayu belum pernah naik kapal, hihihi takut tenggelam ato ada ikan hiu buas ditengah laut-korban film made:ON- 
H-4 ada tugas mendadak dari atasan, menyusun dan ngeprint sertifikat BEM UI, wah ga bisa santai-santi nih, terpaksa deh neror abay yang lagi sibuk ngurusin JAT untuk segara ngirimin Appraisal Danus yang terlambat. Alhamdulliah Allah memberi kemudahan dalam pengerjaannya.

Hari H-1: minggu 24Januari 2010. 
Nasib anak Bogor, jadi harus nginep dulu di tempatnya Teh Cyindi, malem harinya ayu, kak Farah, dan Teh Oneng makan-makan pecel lele di pinggir jalan, inget kak farah pake "L" ya, nta kalo nggak pake "L" jadinya.....heheheh tebak aja ndiri.

Hari yang ditunggu tiba, jam 8_an gitu kita berangkat. efek antimo dahsyat juga, sepanjang perjalanan darat ayu tidur deh. bangun-bangun udah mau nyampe muara Angke. pas turun dari Bus, hemm....bau amis memenuhi udara, lima menit kemudian adaptasi mulai ok.

dikapal,,,wow deru mesin di dek bawah kencenga banget, ngomonya sampe teriak-teriak. lagi melihat pemandangan sekitar tiba-tiba ada kepala nongol dari dek atas, itu Bojes, dia jadi guide kami, ngasih tau pulau bidadari, pulau onderus dengan benteng peninggalan Belandanya.

ditengah perjalanan yang 3 jam itu, dini manggil "rahayu, kita kedepan yo, seru loh" ya udah dari pada di dek bawah ngeliatin tubuh-tubuh terkapar tidur, ngikut aja deh. dan ternyata sensasi duduk dimoncong kapal itu seru bangt ya, walaupun konsekuensinya kulit jadi belang begini. dimoncong kapal kita foto-foto, ngerampok makanan Zakki, ngobrol-ngobrol mubazir, dll, dan akhirnya kita sampai ke pulau pramuka.

Pas masuk ke penginapannya, emosi deh bawaannya, abis panas banget, ada AC tapi nggak jalan, ada kamar mandi, nggak ada airnya,,,eh taunya emang begitu, coz jenset di pulau baru nyala jam 5 sore, 

waktunya mentoring. bersama Kak Wahab dari SIGMA kita diterangin alat dan teknis dilaut saat snorkeling, kita juga diterangin biota bawah air yang aman dan ga aman, bahasa bawah air,dll, jadi menginspirasi untuk penampilan nanti malem...hihi

ternyata seru juga mengobservasi laut, baik daratan sekitar laun maupun biota-biotanya. seperti menemukan dunia baru. Ada penyu yang pernah ayu liat di Metro TV, penyu cangkang penyok, wah bisa melihat secara apa yang sebelumnya pernah dilihat di televisi seru bangt. trus pas lagi ngeliat bak penyu di sisi lain, kak TB yang Kadep Sosmas itu bilang "eh jangan diganggu lagi ibadah" apa ya maksudnya? bikin penasaran aja, pas diintip eh taunya ada du penyu berukuran aga sedang didalamnya, nggak tau lagi ngapain, tapi aku nggak yakin itu lagi ibadah

Akhirnya giliranku mencoba melayang-layang di lautan-snorkeling-deg-degan banget, nungguin tika dari tengah laut, lama, ya udah Ayu sama Hannah main-main pasir, guling-gulingan ga jelas. Hannah, yap dia Body system ku, kebetulan bisa berenang dan agak hiperaktif, ya cocoklah sama aku yang ga bisa berenang ini. sampailah kami di laut tenang, ada padang lamun disana, ikan-ikan kecil, anggur laut, cacing pohon natal, dll. Subhanallah banget deh. oh ia sempet ngliat Bulu Babi juga, kalo di Trans 7 di acara jejak petualang, bulu babi itu bisa dimakan, pengen deh ngerasain, tapi berhubung kita bareng2 anak-anak Biologi yang sayang banget sama biota laut, perasaan untuk mencicipi amisnya bulu babi ga bakal terwujud. Aku dan hannah yang aga hiperaktif diajak ke laut yang gelombangnya agak tinggi, disana banyak banget ikan yang bergerombol nari-nari kesana kemari, cuma sayang Kak Wahab ga berniat untuk membawa kami lebih jauh lagi, bahaya kayanya, takut tenggelam.

waktu dilaut habis. kita semua kedarat, makan, latas shalat. setelah itu lanjut ke pulau Aer. pas sampe kesana aga bingung deh mau ngapain, medannya beda sama laut yang sebelumnya, ga ada biota laut yang bisa diobservasi, mana pas main tarik tambang kalah telak lagi, sekali betot kami langsung kebawa ke arah lawan,,, huhuhu kurang orang, karena Dini, Teh Oneng, dan Kak dita udah pada mandi, mana mau nyebur lagi untuk main tarik tambang. dan beberapa saat aku bingung mau ngapain, ga seru banget nih...

akhirnya aku memutuskan untuk naik ke kapal menyusul Dini, ternyata Mimi, hannah dan teh oneng juga ikut, bosan dengan keramaian yang nggak ajak-ajak di sudut sebelah sana. tak disangka, ternyata keseruan yang dicari dari tadi aku dapatkan dikapal ini. awalnya c cuma foto-foto, terus melihat atraksi tari Kak tiko loncat dari atas kapal tanpa pelampung, sempet terbersit keinginan untuk ngikutin kak Tiko, tapi buru-buru pudar, coz sadar nggak bisa berenang

Lalu Yoga ikutan lompat, dan dia terlihat senang, Hannah ga mau kalah, dia juga lompat dari atas kapal, dan dia terlihat girang, lalu teh Cyindi datang, dia langsung lompat dari atas kapal, dan dia terlihat bahagia,,, ih iri banget sama mereka, aku dan Vega ga bisa ikutan, kami takut. lama-lama ga bisa nahan diri, pengen juga terjun dari kapal, ditambah ajakan Hannah ma Teh Cyin, dan Yoga dari bawah sana, bikin ngiler. sedikit wawancara dengan Yoga, ternyata dia juga gabisa berenang. Hah???? masa sih??? kok berani-beraninya terjun, nggak takut tenggelam???. tapi katanya sih air lautnya bakal bikin kita nggambang, ga bakalan tenggelam, itu jaminan mereka untuk mengundangku terjun dari kapal.

Akhirnya dengan mengumpulkan keberanian diri dan teriakan semangat dari teman-teman yang lain, akhirnya ayu terjun,,,Satu,,,dua,,,tiga,,,ga jadi.... takut banget bawaannya, ih sensasinya kaya lagi nunggu antrian wahana Dufan, lalu tiba-tiba Vega terjun,,,wah teman ku itu mendahuluiku, terus dia langsung teriak,"waaaa seru", undangan untuk terjun makan banyak dari bawah sana, Hannah, Teh Cyin, Yoga, Vega, dan kembali aku berhitung satu...dua..tiga...dan....aku bener-benar terjun,,, saat tubuh ini melayang jatuh, entah mengapa yang terbayang adalah maut menjemput dibawah sana, pas tubuh menyentuh Air kepasrahan 100% mode: ON, air banyak masuk ke hidung, dan akhirnya aku kembali ke permukaan dengan terbatuk-batuk. sensasi terjun itu memang seru banget aku mau mengulangi.

setelah mengalahkan rasa takut tersebut, akhirnya aku jadi keranjingan, naik ke kapal-nyebur-naik lagi-nyebur lagi-naik lagi-nyebur lagi. sampai ditengah-tengah, saat aku sedangan mengambang di permukaan laut, tiba-tiba terlintas pikiran aneh,,,wah kalo ada ikan hiu gimana ya,,,terus aku dikejar...terus aku digigit,,,dan aku belum Shalat, gawat-gawat, aku harus Shalat sekarang.

Setelah bertanya-tanya kepada Ustadz Yoga,segera aku naik ke atas kapal, lalu menunaikan Shalat Ashar dengan pelampung masih digunakan, air laut membasahi kapal dan aku memulai takbiratul ikharom,,, Shalat empat rakaat dengan kondisi seperti ini terasa berbeda, agak aneh, dan akhirnya Salam lalu meneruskan kembali main lompat terjun dari atas kapal ke laut...hihi i like to doing this!

Malemnya ngobrol lagi sama Ustadz Yuga, katanya tadi pas Ayu Shalat, kiblatnya salah, pas mau dibenerin eh udah keburu Shalat, jadi Shalat Ashar yang tadi itu gak tau sah-atau nggak sah....aduh-aduh, ga sekali-kali lagi deh shalat kaya gitu.

Pesta kembang api- seru banget, cahayanya membuat muka hitam akibat terpanggang matahari di laut tadi siang menjadi putih bercahaya. ya aku sangat menikmatinya.

ada hal bodoh yang aku lakukan, tapi hal ini memberikan kesan tersendiri bagiku. buku lupus yang didapet dari tukeran kado ketinggalan di dermaga. untuk mengambilnya, semua PSDMers nemenin ayu untuk ngmbil balik, ini bukti nyata kebersamaan kita_PSDMers_ga cuma dikala senang, tapi juga dikala susah, makasih Mimi, Dini, Yoga, Hannah, Tika, Teh Oneng, Prima, dan Kak Fariz

Pembagian sertifikat BEM, mungkin itu hal yang biasa aja, tapi bagiku itu bermakna, hasil kerjaku 4 hari belakangan ini bisa dibagikan ke BEMers, wah puasnya

dan pulang kembali ke daratan,,,dengan batre penuh untuk menjalani kehidupan kedepan plus muka hitam ga karuan.

Makasih Ya Allah telah memberikan kesempatan untuk mendapatkan manfaat dari BEM UI 2009-Berserak Bersama bermanfaan bagi SAYA,,eh SEMUA maksudnya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Kontrol Hamil ke Puskesmas