inikah yang membuat mereka maju?


Sebulan sudah menjadi bule di negara orang, menjalani hari -hari sebagai mahasiswa Internsional. menggunakan bus yang sama dengan warga sekitar, membeli makanan di toko-toko mereka, menjadi bagian dari dari mereka, namun tetap menjadi diri sendiri, berbaur tapi tidak bercampur, dan ada beberapa pandangan saya yang berubah mengenai bule, terutama bule Amerika.
Masih terngiang saat PDO kemarin beberapa dari kita bilang kalo orang Amerika itu nggak sopan, dan ternyata, persangkaan tersebut menjadi mentah dan terbantahkan disini, salah besar. justru sebaliknya, mereka sangat sopan, mereka sangat teratur, mereka sangat memtuhi peraturan, mereka sangat menghargai orang lain. beberapa contoh -yang mungkin saya contoh:
1. Saya lebih banyak disapa "Hai", "Hallo","Good Morning", dan "Assalamualaiku"(ini khusus buat yang muslim). kenal atau nggak, mereka dengan senang hati menyapa.
2. Kalo lagi nyebrang di jalan yang nggak ada tanda penyebrangan jalan, mobil pasti akan mengalah dengan penyebrang jalan. walaupun kita masih jauh dari tempat nyebrang, mobil udah berhenti nungguin kita nyebrang, Awal-awal saya selalu menunggu mobil untuk melintas terlebih dahulu, eh yang ada kita malah saling tunggu
3. Ucapan "Thank You" akan sangat banyak didengar, walaupun apa yang kita lakukan sangat kecil untuk mereka
4. Saat mereka meminta tolong, selalu di ikuti dengan kata "please" dibelakangnya
5. Budaya antrinya luar biasa. jadi saya pernah nunggun temen di toilet, tepat di dekat pintu toiletnya, lalu beberapa bule langsung ambil posisi ngantri dibelakang saya, padahal kamar mandi yang lain masih kosong, ya ampunnn bikin heboh, akhirnya aku putusin buat ngunggu temenku diluar aja,,,hem sebut saja itu adalah budaya antri dibawah alam sadar.
6. Self services, jadi mereka sangat bertanggungjawab dengan segala sesuatu yang mereka punya, dan selalu memastikan saat mereka meninggalkan suatu tempat, maka tempat tersebut harus sama saat pertama kali mereka datangi. Bahkan dia sangat bertanggungjawab dengan kotoran anjinya.
7.sangat menghargai privasi. bisa dibilang degree of confort mereka cukup luas, jadi pastikan IZIN dulu. kebiasaan kami yang awal-awal harus dihilangkan adalah mengenai foto, kita kan asal aja foto, kalo ada objek bagus, ya difoto. tapi disini pastikan kita harus izin
8. Tepat waktu, hadeuhhhhhh tepat waktunya ituloh, kudu kudu kudu dicontoh, karena bagi mereka waktu sangat amat berharga, sangat berharga, berharga
so far segini dulu yang bisa dicontoh, ntar nambah lagi

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rumah Bersalin Hj. Srie Dody Gunung Batu Bogor

Kembali Melahirkan di Rumah bersalin H. Srie Dody Gunung Batu

Kontrol Hamil ke Puskesmas